LOAD BALANCING pada MIKROTIK VERSI 4.11 di RB 750

Disini mencoba membuat load balancing dengan menggunakan routerboard RB 750 indoor yang mempunyai 5 interface, apabila kita ingin membuat load balancing failover pada mikrotik versi 4.11, disini saya menggunakan 2 jalur input WAN dengan 1 jalur output yang ditujukan pada Local Area Network.

Disini diatur interface dengan setting

– LAN = 192.168.1.0/24

– Uplink = WAN 1 = 192.168.20.6/28

– Uplink = WAN 2 = 192.168.10.12/24

Disini saya menggunakan 2 ISP WLAN, kalo di tempat anda menggunakan telkom speedy maka lihat dulu line tersebut mempunyai gateway yang sama atau tidak .  Apabila gateway sama,  anda harus setting PPPOE (mikrotik yang dial PPPOE sendiri),  maka anda pilih salahsatu dari gateway yang sama itu buat PPPOE yang lain bikin setting PPPOE dial dari modem yaitu modem yang jadi gateway.  Hal ini digunakan biar traffik jalan dengan maksimal, biasanya kalo cuma PPPOE dial mikrotik dengan gateway yang sama loadbalancing kurang maksimal bahkan sering terjadi 1 gateway saja yang jalan aktif.

Setting di mikrotik versi 4.11 adalah sebagai berikut :

/ ip firewall mangle

add chain=prerouting action=mark-connection new-connection-mark=conn_1
passthrough=yes connection-state=new in-interface=LAN nth=2,1

add chain=prerouting action=mark-routing new-routing-mark=conn_1
passthrough=no in-interface=LAN connection-mark=conn_1

add chain=prerouting action=mark-connection new-connection-mark=conn_2
passthrough=yes connection-state=new in-interface=LAN nth=1,1

add chain=prerouting action=mark-routing new-routing-mark=conn_2
passthrough=no in-interface=LAN connection-mark=conn_2

/ip firewall nat

add chain=srcnat action=masquerade out-interface=WAN1 connection-mark=conn_1

add chain=srcnat action=masquerade out-interface=WAN2 connection-mark=conn_2

/ip route

add dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.20.14 scope=255 target-scope=10 routing-mark=conn_1 comment=””disabled=no

add dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.10.100 scope=255 target-scope=10 routing-mark=conn_2 comment=””disabled=no

add dst-address=0.0.0.0/0 gateway=192.168.20.14 scope=255 target-scope=10 comment=””disabled=no

Hasil settingan diatas

Selamat mencoba dan good luck.

    • vickybp
    • March 20th, 2011

    Thanks Bro,., lok bisa.. da setingan external proxynya

      • gombhenk
      • March 20th, 2011

      kalo pingin tambah external proxy bisa saja tingal sekarang, anda mau pake proxy mikrotik atau os linux dan sejenisnya. tinggal kiat kasih blok ip di salah satu etrhet yg masih ada di RB 750 dan tinggal kita forward aja…………….Thx.

  1. mantap gan saya akan coba praktek dengan menggunakan 2 wan yg semua milik speedy

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: