Monitoring jaringan dengan menggunakan The Dude

Mau ijin buat dokumentasi sederhana menggunakan The Dude nih… Maaf kalau menyebut merek selain Mikrotik dan seluruh varian nya.

Pendahuluan

Software aplikasi monitoring jaringan The Dude menurut saya pribadi merupakan salah satu yang terbaik selain itu gratis. Mengapa saya sebut terbaik ? tak lain adalah saat saya sendiri melakukan proses utak-utik di beberapa pengesetan dalam 2 minggu terakhir ini. SNMP (Simple Network Monitoring Protocol) sudah menjadi sebuah standar mutlak untuk peralatan perangkat jaringan, apakah itu yang perangkat yang berharga murah ataupun mahal. Buat teman-teman yang pernah baca referensi artikel mengenai pembahasan SNMP pasti pernah mengalami betapa frustasinya, karena memang dibingungkan oleh istilah-istilah yang sulit dipahami.

Jadi apa yang bisa kita manfaatkan dari protokol SNMP untuk kita ketahui sehingga dapat dimanfaatkan untuk memantau jaringan kita ?hmmm.. Pertama kita harus mengetahui SNMP Community nya terlebih dahulu, beberapa perangkat mengesetnya secara default dengan pengisian public apabila berbeda sesuaikan dengan perangkat milik anda. Apabila anda sudah membuat map jaringan sederhana seperti dibawah ini misalnya :

Snmpwalk

Nah bagaimana memanfaatkan informasi SNMP yang sudah ada pada masing-masing perangkat ? jawabannya adalah menggunakan snmpwalk. Snmpwalk merupakan utilitas yang terintegrasi dari SNMP, untuk pemakaian pada The Dude klik kanan menu Tools snmpwalk pada perangkat yang ingin anda ketahui informasi SNMP nya. Pada gambar 2 dibawah ini merupakan informasi yang dapat kita ketahui dari perangkat radio wireless motorola canopy, selain kita bisa mengetahuinya dari menu web tentunya. Tampak informasi disini bahwa kekuatan sinyal nya adalah -42 dBm dan sedang dalam posisi terkoneksi dengan perangkat yang lain (REGISTERED), juga informasi mac address nya kelihatan bukan ?

Apakah anda sudah mulai tertarik untuk mendalami lebih jauh tentang manfaat penggunaan SNMP ?mari kita lanjutkan kembali tentang bagaimana pengesetan SNMP di The Dude. Klik pada tombol Settings  pilih pada Tab SNMP. Untuk menambahkan Community SNMP yang baru klik tombol + (plus), anda harus mengetahui SNMP Community pada perangkat misalkan saja public selanjutnya adalah versi SNMP nya biasanya pilih versi 2c

Langkah selanjutnya adalah menambahkannya pada properties pengesetan The Dude. Ubah pada menu SNMP Profile dan pilih SNMP Community yang sesuai dengan perangkat jaringan yang akan kita baca informasi SNMP nya.

This image has been resized. Click this bar to view the full image. The original image is sized 780×401.

MIB (Management Information Base)

Nah sekarang adalah bagian menariknya bagaimana sih menggunakan The Dude untuk menampilkan informasi SNMP yang ada pada perangkat jaringan kita. Pada menu apabila kita klik mouse sebelah kanan akan tampil menu Appearance disinilah awal kesenangan saya, informasi apa sajakah yang ingin kita tampilkan. Sebelum beranjak pada menu ini, saya akan menerangkan apa itu OID SNMP. OID SNMP seperti yang saya pahami adalah merupakan informasi terstruktur dari sebuah database SNMP yaitu MIB. Apabila anda pernah membuka menu Mib Nodes pada The Dude pastinya anda sudah sedikit mempunyai gambaran tentang bagaimana cara pemakaian nya.

Pada Mib Nodes terdapat berbagai macam file yang berfungsi untuk menampilkan informasi-informasi secara umum pada perangkat jaringan seperti SysName, SysContact, SysLocation, Uptime, dll tambahan pula pada instalasi The Dude secara default kita sudah bisa membaca beberapa perangkat jaringan bermerek seperti CISCO, ORINOCO, MOTOROLA CANOPY, TRANGO, ALVARION dan MIKROTIKnah bagaimanakah apabila perangkat yang ingin kita pantau tersebut belum ada pada Mib Nodes nya The Dude ? Gampang…. Tinggal kita upload saja file MIB yang berupa file teks (TXT) perangkat jaringan tersebut.

Tadi saya sebutkan bahwa OID SNMP mirip dengan sebuah database terstruktur bukan nah mengapa bisa disebut demikian ?karena secara fungsinya mirip dengan sebuah folder dan file yang ditata sedemikian rupa setidaknya itulah pemahaman saya. Sebuah contoh misalnya adalah OID SNMP untuk SysContact, SysLocation, SysName pastinya berbeda dong ?kalau diterjemahkan maka akan muncul menyerupai sebuah deretan angka-angka seperti 1.3.6.1.2.1.2.4.0, 1.3.6.1.2.1.2.6.0, 1.3.6.1.2.1.2.5.0 lho angka apa pula ini ? jadi tambah bingung nih…. Nah beginilah kalau menyebutkan secara angka, tetapi apabila menyebutkan dengan sebuah keterangan penuh akan seperti ini

Iso — 1
– Anonymous — 2
– Org — 3
– dod — 6
– Internet — 1
– Directory — 1
– Experimental — 3
– mgmt — 2
– mib-2 –1

|
|
|
|
|
|
– system –1
SysContact –4
SysLocation –6
SysName –5

Bisa pula dengan menyebutkan nya seperti dibawah ini

iso.org.dod.internet.mgmt.mib-2.system.SysLocation
iso.org.dod.internet.mgmt.mib-2.system.SysContact
iso.org.dod.internet.mgmt.mib-2.system.SysName

Pastinya dengan keterangan tersebut sudah sedikit paham bukan tentang pemanfaatan informasi SNMP yang telah ada pada perangkat jaringan ? Mari kita lanjutkan ke tahap selanjutnya untuk melakukan proses utak-utik nya. Jadi seperti yang saya janjikan sebelumnya, kita akan menambahkan informasi tambahan pada kotak tampilan setiap perangkat jaringan yang kita pantau dan menambahkan beberapa informasi yang sangat bermanfaat pastinya.

Para administrator jaringan pastinya akan sangat bahagia apabila beberapa informasi yang dulunya tak mungkin untuk dibagi, sekarang memungkinkan untuk dibagi tetapi pastinya tetap dalam koridor pengawasan sang administrator jaringan. Pernah terpikir untuk mengelola perangkat jaringan berbasis web yang mengharuskan kita untuk memeriksanya satu persatu disetiap harinya ? Hmmm … tidak lagi deh. Kalaupun jumlah perangkat masih dibawah 20 – 30 buah setidaknya ada waktu lah untuk melakukan pemeriksaan setiap harinya, lhaaa kalau sudah diatas ratusan atau di angka 50 – 100 unit capek juga kan.

Membuat Probe

Nah pada fitur The Dude ini memungkinkan kita untuk membuat sebuah pengingat (Alarm) apabila apabila sebuah informasi pada OID SNMP mengalami sebuah perubahan, misalkan pada sebuah perangkat jaringan wireless radio mengalami tidak terkoneksi, ataupun salah satu service file sharing atau database MySQL pada server mengalami mati secara tiba-tiba. Nah pada The Dude ini memungkinkan kita untuk memberikan informasi tersebut terlebih dahulu meskipun apabila dipantau dengan menggunakan ping perangkat jaringan atau server tersebut menyala.

Secara default The Dude telah mengesetkan beberapa service yang memungkinkan kita untuk memantau perangkat jaringan, seperti diantaranya ping,http,ftp,smtp,pop3,ssh ,disk,telnet dan sebagainya. Nah apabila salah satu service tersebut tidak ada bagaimana ?Hmmm tidak ada jalan lain selain kita membuatnya sendiri. Nah karena pada topik kita ini adalah pengesetan menggunakan informasi SNMP, tak ada salahnya bukan kalau kita membuatnya.

Untuk menambahkan probe klik pada tombol + (Plus) maka akan keluar sebuah jendela baru untuk menambahkan. Lihat pada gambar dibawah ini, terlihat untuk melakukan probe pada perangkat Canopy BH (BackHaul) Slave dimana probe yang dibuat ini mengharuskan informasi OID SNMP pada perangkat tersebut harus REGISTERED. Apabila informasi tersebut bukan yang dimaksud maka akan dianggap mati.

Pastikan anda memilih OID SNMP yang tepat untuk membuat sebuah probe, untuk contoh yang saya buat diatas adalah membuat probe apabila sebuah link mengalami gangguan. Sehingga nantinya hanya akan ada tiga buah kesimpulan saja, terjadi mati lampu (listrik), perangkat jaringan mengalami kerusakan dan terjadinya kerusakan selain yang tadi disebutkan yang mungkin saja bisa berupa gangguan frekuensi.

Pembuatan probe dapat dilakukan dengan mudah dengan cara mengklik kanan pada mouse pada informasi yang telah ditampilkan oleh snmpwalk, lalu pilih Create Probe

Menampilkan OID SNMP pada perangkat

Sebelum anda menambahkan informasi OID SNMP pada perangkat bagaimana kalau anda melakukan terlebih dahulu snmpwalk dan mungkin saja ada informasi yang terlewat tetapi ingin anda tampilkan. Apabila anda belum mempunyai ide informasi OID SNMP apa yang memungkinkan untuk ditampilkan ?anda bisa memilih CPU, DISK, MEMORY, atau berdasarkan informasi dari anda melakukan snmpwalk. Dibawah ini merupakan salah satu contoh nya. Yang perlu diperhatikan disini adalah bagaimana penulisan OID SNMP nya, yaitu dituliskan dengan angka !

Apabila anda merasa kesulitan untuk mendapatkan informasi OID SNMP dalam bentuk angka, klik kanan pada informasi yang sudah ditampilkan oleh snmpwalk lalu pilih Copy Oid

Apabila anda salah mengisikan informasi OID SNMP, maka informasi tersebut tidak akan muncul. Berikut ini gambar hasil akhir utak-utik saya

MRTG di The Dude

Multi Router Traphic Grapher (MRTG) ? bukan…. bukan …. kok. Meskipun hasil akhirnya adalah sama-sama menghasilkan sebuah grafik atas perbandingan data bit keluar masuk. Meskipun perbedaan nya jelas, bahwa MRTG hanya dapat dilihat dengan menggunakan media web server. Meskipun tidak ada perbedaan yang begitu mencolok antara hasil grafik yang dihasilkan oleh The Dude dan MRTG (Maaf kalau belum pernah melakukan proses uji nya, hanya berdasarkan atas dokumentasi yang dipahami. CMIIW) bahkan apabila dibahas persamaan nya kita akan mendapatkannya banyak hal, seperti keharusan pengesetan SNMP Community.

Dikarenakan The Dude adalah software pemantau jaringan yang dibuat oleh Mikrotik, maka bahasan selanjutnya akan terfokus bagaimana menampilkan grafik bit data keluar-masuk pada router berbasiskan mikrotik (routerboard). Untuk menampilkan sebuah grafik bit data keluar-masuk pastikan anda sebuah menggambar link pada topologi jaringan pantau anda.

Pastikan anda menentukan target device ethernet yang ingin anda pantau menggunakan The Dude, bisa saja koneksi keluar atau malahan koneksi lokal (LAN). Meskipun pada gambar yang saya ambil koneksinya sedang mati, terlihat bahwa jenis nya mengharuskan snmp. Untuk pengguna router mikrotik maka secara otomatis sebuah device ethernet akan muncul pada menu Interface. Terakhirnya untuk menambahkan agar setiap saat bisa mengetahui pergerakan grafik bit data keluar-masuk berikan tanda centang pada tab menu History untuk pengesetan Graph Bit Rate

semoga bisa membantu bagi temen-temen yang lagi ngeset The Dude untuk memantau perangkat jaringannya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: