My First Online experience


Pengalaman pertama saya dalam online di dunia maya atau internet sungguh mengesankan juga membingungkan karena saya seorang yang gaptek. Waktu itu saya masih menjadi seorang pengangguran setelah di PHK dari sebuah perusahaan di Sidoarjo. Saya mendapatakan tawaran pekerjaan dari paman saya untuk menjadi seorang operator warnet yang dia kelolah. Disini saya dituntut harus bisa mengoperasikan atau mengerti dengan dunia internet. Hal ini untuk berjaga-jaga agar dalam bekerja tidak canggung dalam membantu seorang pelanggan yang kesulitan sewaktu –waktu dapat terjadi dalam menyewa di warnet tersebut.
Yang pertama kali dalam saya lakukan didalam dunia maya atau internet ini adalah membuat email di yahoo juga online di yahoo messenger. Lalu mencoba untuk browsing-browsing salah satu website. Disini saya meminta tolong kepada sepupu saya untuk mengajari saya dalam penggunaan internet kepada saya yang masih gaptek. Tapi tidak berhenti disitu saja, setelah warnet tersebut sudah operasional, saya coba bertanya kepada sepupu saya apa yang harus saya lakukan guna memanfaatkan dunia internet ini. Bukan hanya sekedar untuk online di yahoo messenger atau cek email saja. Saya disuruh untuk download sesuatu, baik lagu maupun software gratisan. Intinya dia mengharapkan supaya melakukan hal yang dapat dimanfaaatkan untuk kemajuan warnet tersebut.
Karena saya merasa belum puas maka saya mencoba untuk bertanya kepada teman saya tentang apa yang harus saya lakukan untuk memanfaatkan dunia internet yang ada selama 24 jam ini. Saya mendapatkan saran untuk mencoba browsing tentang jaringan lokal atau Lokal Area Network (LAN). Disini saya mulai mengenal dunia jaringan lokal juga saya mencoba untuk belajar tentang gangguan koneksi internet apabila terjadi gangguan dimana kita harus mulai mengeceknya.
Lalu saya mencoba untuk belajar cara setting wireless untuk lebih mengenal dunia jaringan. Ternyata di dunia maya atau internet ini banyak sekali yang dapat kita manfaatkan sampai dengan hal sekecil apapun , contohnya dengan mencari sahabat atau teman. Dapat kita lakukan didalam situs jejaring sosial maupun disebuah milling list. Sampai sekarang pun saya masih memanfaatkan dunia maya ini untuk kebutuhan kerja saya maupun study saya. Jadi disini saya berharap suatu saat dunia maya ini dapat dimanfaatkan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dimasa yang akan datang.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

